Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Pangkat Taruna Akmil Magelang Selama Pendidikan

Walaupun Akmil merupakan suatu pendidikan, Akmil memiliki sistem kepangkatan. Pangkat Akmil juga disejajarkan dengan pangkat TNI pada umumnya.

Akademi Militer atau yang biasa juga disingkat dengan Akmil adalah sekolah pendidikan Tentara Republik Indonesia (TNI) Angkatan Darat. Sekolah ini terletak di kota Magelang, Jawa Tengah, Indonesia.

Tujuan dari Akademi Militer adalah untuk mencetak para perwira TNI Angkatan Darat. Secara organisasi, Akmil berada di dalam struktur organisasi TNI AD. Akmil dipimpin oleh gubernur Akmil dan Wakil Gubernur Akmil.


Urutan Pangkat Akmil Magelang

Berikut adalah urutan pangkat taruna akmil selama menempuh pendidikan.


PRATAR (Prajurit Taruna)

Pangkat ini merupakan pangkat yang terendah di dalam lingkup Akmil. Lamanya seorang PRATAR menyandang pangkat ini adalah selama 4 bulan.

Selama menyandang pangkat ini, para pratar akan digembleng dan diubah mindsetnya dari yang dulunya sipil menjadi seorang taruna yang tangguh.


KOPTAR (Kopral Taruna)

Setelah lulus dari pangkat PRATAR, pangkat selanjutnya yang disandang adalah KOPTAR (Kopral Taruna).

Saat menyandang pangkat ini, para KOPTAR akan menjalani latihan lapangan sebanyak 70% dan 30% materi.

Lamanya seorang KOPTAR menyandang pangkat ini adalah selama 9 bulan.


SERTAR (Sersan Taruna)

Setelah selesai menjalani pendidikan dengan pangkat KOPTAR, para taruna akan dinaikkan pangkatnya menjadi seorang SERTAR (Sersan Taruna).

Pada saat menyandang pangkat ini, para taruna akmil sudah mempunyai adik angkatan yang siap mereka bina. Karena hal ini, para taruna yang menyandang pangkat ini sudah dapat disebut sebagai macan kecil.

Seorang SERTAR, akan menyandang pangkat ini selama 12 bulan.


SERMADATAR (Sersan Mayor Dua Taruna

Setelah lulus menyandang pangkat SERTAR, para taruna akmil akan kembali dinaikkan pangkatnya menjadi SERMADATAR (Sersan Mayor Dua Taruna).

Ketika menyandang pangkat ini, para taruna akmil dapat dikatakan macan tengah, karena sudah memiliki 2 adik angkatan tetapi tetap masih memiliki senior.

Lamanya seorang taruna akmil menyandang pangkat ini adalah sama seperti SERTAR, yaitu 12 bulan atau satu tahun.


SERMATUTAR (Sersan Mayor Satu Taruna)

Setelah menempuh pendidikan kurang lebih selama 3 tahun, seorang taruna akmil akan menyandang pangkat SERMATUTAR (Sersan Mayor Satu Taruna) di akhir masa pendidikannya.

Seorang taruna akmil yang sudah menyandang pendidikan selama 12 bulan atau 1 tahun, maka taruna tersebut akan dilantik menjadi SERMATUTAR.

Pada tahun ke-4 ini, seorang taruna akmil akan disegani oleh para adik angkatannya. Karena itu, bisa dibilang mereka yang sudah menyandang pangkat ini adalah macam kampus atau penguasa kampus.

Taruna akmil yang menyandang pangkat ini akan cenderung fokus untuk mempersiapkan diri menjadi seorang perwira TNI berpangkat Letda (Letnan Dua).

Pangkat ini akan disandang selama 12 bulan atau 1 tahun. Setelah selesai menyandang pangkat ini, para taruna akmil akan dilantik menjadi perwira muda oleh Presiden Republik Indonesia.


Demikianlah informasi mengenai urutan pangkat taruna akmil selama menempuh pendidikan di Lembah Tidar. Semoga dapat bermanfaat dan dapat menginspirasi kalian semua. Terima kasih.

1 comment for "Pangkat Taruna Akmil Magelang Selama Pendidikan"

  1. нафорно на нафорно нафорно нафорно нафорно нафорно нафорно нафорно
    нафорно нафорно нафорно titanium sheet metal нафорно titanium nose jewelry нафорно нафорно нафорно нафорно titanium ring нафорно titanium bike нафорно titanium damascus knives нафорно нафорн

    ReplyDelete