Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Olahraga Peninggi Badan yang Dapat Kamu Lakukan

Kita tahu kalau tinggi badan itu dapat dipengaruhi oleh 2 faktor. Yaitu faktor genetik dan faktor lingkungan. Bagi kamu yang tidak memiliki faktor genetik untuk memiliki tinggi badan yang tinggi, kamu dapat memanfaatkan faktor lingkungan untuk menambah tinggi badan kamu dengan olahraga peninggi badan.

Olahraga apa yang dapat menambah tinggi badan kamu? Mari kita bahas


Bergelantung

Suka bergelantungan? Ternyata ini dapat membantu meluruskan dan memanjangkan tulang belakang.

Kamu juga bisa sekalian melakukan pull up. Pastikan kamu bergelantung dengan aman dan tidak terjatuh yang dapat menyebabakan kamu menjadi luka atau cedera.

Menurut hello sehat, kamu dapat melakukannya setiap 10 menit per hari. Usahakan juga lakukan pull up atau chin up selama 10 kali.


Lompat Tali

Olahraga lompat tali atau disebut juga skipping juga dapat menambah tinggi badan kamu.

Melompat memanjang dapat meninggikan badan kamu karena olahraga ini juga membantu tubuh kamu untuk meregang dan berkontraksi sehingga membantu kamu untuk meninggikan badan.

Selain itu, ketika kamu memutar tali, otot akan meregang dan berkontraksi sehingga hormon pertumbuhan dihasilkan ke seluruh tubuh termasuk tubuh bagian bawah. Hal ini dikarenakan adanya banyak saraf yang berasal dari telapak kaki yang terhubung dengan tubuh bagian atas kamu. Hal ini membantu kamu untuk bertambah tinggi.


Yoga

Beberapa pose yoga seperti mountain pose, triangle pose, tree pose, Surya Namaskar, Adho Mukha Syanasana, Chakrasana, dan pose lainnya dapat membantu dalam membetulkan postur tubuh serta menambah tinggi badan seseorang.

Selain itu, pernapasan yoga yang memiliki sifat penghilang stress juga menjadi cara yang baik untuk melepas stress dan ketegangan pada otot dan sendi. Dalam keadaan santai, hormon pertumbuhan dapat mengalir lebih baik.


Sepakbola

Bermain sepakbola juga dapat merangsang pertumbuhan kamu dan dapat menambah tinggi badan kamu secara alami.

Ketika berlari, kamu meregangkan otot lutut dan paha yang dapat membantu untuk mencapai tubuh yang tinggi.

Selain itu bermain sepakbola juga terkadang perlu untuk banyak melompat seperti ketika menyundul bola atau mungkin untuk menghindari lawan merebut bola dari kita. Seluruh kegiatan ini dapat membantu lempeng pertumbuhan menerima darah yang kaya akan oksigen dan hormon pertumbuhan.


Bersepeda

Mungkin ketika pandemi kita sering mendengar banyak orang yang menjadi hobi bersepeda. Selain menyehatkan tubuh, ternyata olahraga ini dapat meninggikan badan kamu.

Ketika kamu bersepeda, tubuh bagian bawah kamu harus bekerja dengan keras. Hal ini dapat meningkatkan aliran darah pada lutut dan otot paha yang merangsang pertumbuhan.

Selain itu, dengan bersepeda paru-paru kamu juga akan bekerja lebih keras untuk memasok darah yang akan oksigen ke seluruh tubuh kamu.


Berenang

Berenang dapat memperkuat tulang bagian belakang kamu dan membantu kamu untuk mendapatkan postur tubuh yang lebih baik.

Ketika berenang, seluruh otot tubuh kamu akan bergerak. Selain itu, tubuh kamu juga harus bergerak lebih keras karena usaha yang dibutuhkan untuk bergerak di air lebih besar daripadad bergerak di udara.


Basket

Salah satu hal yang sering dilakukan di permainan bola basket adalah berlari dan melompat.

Hal ini dapat membantu merangsang pertumbuhan karena darah akan banyak mengalir ke dalam lempeng pertumbuhan.

Saat bermain basket, tak jarang kamu harus melompat yang menyebabkan tubuh kamu seakan terbang untuk sesaat.

Ketika melompat, kamu harus melakukan usaha untuk melawan gravitasi untuk sesaat yang menyebabkan tubuh kamu mengalami peregangan otot ketika berada di udara. Ketika mendarat, tubuh kamu akan mengalami kontraksi. Hal inilah yang dapat menyebabkan otot dan tulang menjadi lebih tinggi.


Cukup sekian artikel tentang olahraga peninggi badan yang dapat dilakukan di rumah ini. Semoga bermanfaat untuk kalian. Jangan lupa share ke teman seperjuangan kalian. Terima kasih.

Sumber dan Referensi : Hello Sehat

Post a Comment for "Olahraga Peninggi Badan yang Dapat Kamu Lakukan"